Kamis, 04 Februari 2010

KEMBALI KE ZAT WARNA ALAM

Hasil komoditi batik perlu pengembangan dan peningkatan dengan cara mempertahankan nilai kualitas etinis daerah yang termasuk komoditi ramah lingkungan. Isu global yang mulai berkembang di kalangan masyarakat negara maju dengan mencerminkan gaya hidup “Back to Nature”(Kembali ke alam) dimana mereka mulai menyukai dan menggunakan produk-produk yang berwawasan lingkungan artinya produk-produk yang di hasilkan dari bahan baku alam yang tidak mengandung unsur kimia yang dapat merusak lingkungan hidup.
Berdasarkan hal tersebut di atas barang-barang komoditi tekstil dan produk tekstil hususnya batik akan lebih meningkat nilai jualnya pada era globalisasi ini karena produknya akan lebih disukai lagi oleh masyarakat dunia manakal terbuat dari bahan-bahan yang memanfaatkan sumber daya alam hususnya dalam pewarnaanya yang menggunakan zat warna alam.
Keuntungan dari hasil komoditi batik yang menggunakan pewarnaan alam disamping termasuk produk yang berwawasan lingkungan serta dilihat dari segi warnanya Intensitas colour terhadap kornea mata manusia terasa sangat menyejukkan dan menurut penelitian Dr. Gulrajarani pengaruh warna dari zat pewarna alami akan menyehatkan kornea mata manusia. Zat warna alam dapat menghasilkan warna-warna yang mempunyai ciri has spesifik dan sangat variatif yang tidak bisa ditiru oleh zat warna sintetis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

isi pesan